Minggu, 01 April 2012

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif

Model Pembelajaran Langsung merupakan metode pembelajaran yang sering digunakan oleh sebagian besar guru, baik itu Guru sekolah dasar, menengah pertama maupun guru sekolah menengah atas. Kita sudah mengetahui 5 Fase Model Pembelajaran Langsung yang telah kita bicarakan sebelumnya, tetapi bagaimana cara Penerapan Model Pembelajaran Langsung? berikut ini saya contohkan.

LANGKAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Kegiatan Awal Model Pembelajaran Langsung
  1. Menyampaikan Tujuan dan menyiapkan siswa (Fase I), Guru yang baik akan mengkomunikasikan tujuan kepada siswa-siswanya melalui rangkuman rencana pembelajaran dengan cara menuliskannya di papan tulis atau menempelkan informasi tertulis pada papan buletin yang berisi tahap-tahap dan isinya, serta alokasi waktu yang disediakan untuk setiap tahap (Kardi dan Nur, 2000: 27-28). 
  2. Memberikan apersepsi kepada siswa yaitu menghubungkan atau mengaitkan materi sebelumnya dengan materi pelajaran yang akan dipelajari sebagaimateri prasyarat. 
  3. Memberikan motivasi kepada siswa, yaitu mengaitkan materi yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari, hal ini dilakukan agar siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kegiatan Inti Model Pembelajaran Langsung
  1. Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan (Fase II), Guru menyajikan informasi berupa materi secara bertahap dengan jelas kepada siswa. 
  2. Memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang akan dikerjakan oleh masing-masing siswa. 
  3. Membimbing pelatihan (Fase III), Guru memberikan bimbingan kepada siswa pada pengerjaan Lembar Kerja Siswa (LKS), dimana dengan keterlibatan siswa secara aktif dalam pelatihan dapat membuat Belajar berlangsung dengan lancar. 
  4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik (Fase III), Guru mengecek pemahaman siswa mengenai materi yang telah diberikan dengan memberikan pertanyaan dan guru dapat menggunakan berbagai cara untuk memberikan umpan balik, misalnya umpan balik secara lisan maupun tes tertulis.
Kegiatan Akhir Model Pembelajaran Langsung
  1. Guru mengajak siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. 
  2. Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan maupun penerapan (Fase V), Guru memberikan siswa latihan lanjutan yang terdapat pada buku cetak berupa latihan yang dikerjakan di rumah (PR).
Penerapan Model Pembelajaran Langsung yang telah dikemukakan diatas hanya menjadi contoh, silahkan gunakan kreasi anda dalam Menerapkan Model Pembelajaran Langsung di kelas, be creatif !

sumber:http://www.inforppsilabus.com/2012/03/penerapan-model-pembelajaran-langsung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar