Memuat...

Jumat, 25 Mei 2012

Cara Membuat Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan kelas memang perlu dilaksanakan oleh setiap guru yang mengajar dikelas untuk mencari metode ataupun model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan di kelas masing-masing, mungkin bagi beberapa kalangan guru masih bingung bagaimana caranya membuat laporan penelitian tindakan kelas yang baik dan benar, berikut ini penulis akan memberikan rangkuman bagaimana cara membuat laporan PTK.



11 CARA MEMBUAT LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
  1. Proposal penelitian merupakan cikal bakal laporan, jika proposal berisi rencana-rencana pelaksanaan tindakan, maka laporan berisi uraian kenyataan pada saat pelaksanaan tindakan. 
  2. Perbedaan antara laporan penelitian pada umumnya dengan laporan penelitian tindakan adalah tekanan adanya tindakan yang dijelaskan yaitu penjelasan tentang pilihan tindakan untuk memecahkan masalah pada latar belakang, penjelasan teori dan hasil penelitian terkait tindakan yang dipilih pada bab kajian pustaka, penjelasan langkah-langkah pelaksanaan tindakan khususnya mengenai kegiatan siswa pada bab metode penelitian, dan penjelasan kegiatan nyata yang dilakukan siswa sesuai arahan guru peneliti pada bab pembahasan. 
  3. Laporan PTK disusun secara sistematis sesuai dengan alur logika penelitian tindakan. Adanya perbedaan istilah, tata letak dan penomoran, serta kedalaman pembahasan menjadikan beragamnya sistematika laporan PTK. Keberagaman tersebut bukanlah perbedaan konseptual. Sistematika mana yang akan digunakan, ditentukan berdasarkan pertimbangan kepentingan penyusunan laporan dan kepada siapa laporan tersebut ditujukan. 
  4. Analisis data untuk PTK, utamanya menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Adapun analisis data kuantitatif sebagai pendukung cukup menggunakan hitungan rata-rata dan persentase. 
  5. Metode pengumpulan data yang utama pada PTK adalah menggunakan observasi. Adapun tes, angket, wawancara, catatan lapangan, atau studi dokumen berfungsi sebagai data pendukung untuk kepentingan verifikasi data. 
  6. Instrumen pengumpul data berfungsi sebagai alat ukur keberhasilan tindakan, oleh karena itu interpretasi hasil analisis selalu mengacu pada indikator keberhasilan tindakan. 
  7. Isi bab hasil penelitian dan pembahasan merupakan bagian paling penting dalam laporan PTK, penjelasan dalam bab ini secara urut adalah: gambaran setting penelitian, gambaran umum, uraian masing-masing siklus, penyajian data dan analisis yang dilakukan peneliti, pembahasan terhadap proses pelaksanaan hasil penelitian. 
  8. Tahap akhir pelaksanaan PTK adalah mendiseminasikan hasil penelitian agar informasi tersebut dapat diketahui oleh teman-teman sejawat sehingga menumbuhkan inspirasi dan motivasi untuk melakukan perbaikan mutu pembelajaran. 
  9. Laporan PTK harus ditulis dengan mengikuti tata cara penulisan karya ilmiah yaitu menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan menggunakan tata tulis sesuai pedoman yang ditetapkan 
  10. Menulis laporan PTK dapat dimulai sejak guru peneliti melakukan penelitian siklus pertama, rangkaian peristiwa yang terjadi pada saat pelaksanaan tindakan langsung dituliskan pada laporan. Dengan demikian, penulisan laporan tidak menjadi beban diakhir kegiatan penelitian 
  11. Laporan PTK dinilai bagus apabila memenuhi kriteria asli, perlu, ilmiah dan konsisten (APIK).

sumber:http://www.inforppsilabus.com/2012/05/laporan-penelitian-tindakan-kelas.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar