Memuat...

Minggu, 01 April 2012

Strategi Model Pembelajaran Langsung

Model pembelajaran langsung menurut Arends dalam Trianto (2009: 41) adalah suatu model pembelajaran dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik, dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap selangkah demi selangkah. 

Menurut Hamzah (2008: 166) menyatakan bahwa model pembelajaran langsung adalah program yang paling efektif untuk mengukur pencapaian keahlian dasar, keahlian dalam memahami suatu materi dan konsep diri sendiri.

Model pembelajaran Langsung adalah model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep dan/atau perubahan perilaku dengan mengutamakan pendekatan deduktif, dengan ciri-ciri sebagai berikut : 

  1. Transformasi dan ketrampilan secara langsung; 
  2. Pembelajaran berorientasi pada tujuan tertentu; 
  3. Materi pembelajaran yang telah terstuktur; 
  4. Lingkungan Belajar yang telah terstruktur; dan 
  5. Distruktur oleh guru.
Guru berperan sebagai penyampai informasi, dan dalam hal ini guru seyogyanya menggunakan berbagai media yang sesuai, misalnya film, tape recorder, gambar, peragaan, dan sebagainya. 

Informasi yang disampaikan dapat berupa pengetahuan prosedural (yaitu pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan sesuatu) atau pengetahuan deklaratif, (yaitu pengetahuan tentang sesuatu dapat berupa fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi). Kritik terhadap penggunaan model ini antara lain bahwa model ini tidak dapat digunakan setiap waktu dan tidak untuk semua tujuan pembelajaran dan semua siswa.

CIRI PEMBELAJARAN LANGSUNG MENURUT KARDI DAN NUR (2000:3)
  • Adanya tujuan pembelajaran dan pengaruh model pada siswa termasuk prosedur penilaian hasil belajar. 
  • Sintaks atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran. 
  • Sistem pengelolaan dan lingkungan belajar yang diperlukan agar kegiata pembelajaran tertentu dapat berlangsung dengan berhasil. 
Dalam Model pembelajaran langsung terdapat lima fase yang sangat penting, mengenai Fase-FaseModel Pembelajaran Langsung akan kita bahas pada pertemuan berikutnya.

sumber:http://www.inforppsilabus.com/2012/03/strategi-model-pembelajaran-langsung.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar