Kamis, 24 Mei 2012

Instrumen Pengumpulan Data PTK

Dalam penelitian tindakan kelas ada dua macam instrumen penelitian yang harus kita penuhi, yaitu Instrumen Pengumpulan Data PTK dan juga Instrumen Penelitian Tindakan Kelas, dua instrumen ini harus mampu kita bedakan, mana yang berfungsi untuk pengumpulan data dan mana instrumen untuk penelitian tindakan kelas.

Data yang dikumpulkan pada penelitian tindakan kelas adalah data tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, kemudian data tentang hasil belajar siswa setiap kali setelah proses pembelajaran berakhir.

2 CONTOH INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA PTK
a. Lembar Pengamatan 
Lembar pengamatan bertujuan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa (secara klasikal) yang telah dilakukan dan kekurangan-kekurangan yang dilakukan oleh guru menurut model pembelajaran (yang kita ambil sebagai penelitian) sebagai acuan perbaikan pada siklus selanjutnya. 

b. Tes Hasil Belajar Matematika 
Data tentang hasil belajar matematika berfungsi untuk melihat ketercapaian hasil belajar siswa sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan (sesuai dengan keadaan sekolah, daerah, dan siswa). Perangkat tes hasil belajar tersebut yaitu kisi-kisi soal ulangan harian, naskah soal ulangan harian, dan kunci jawabannya.

2 Instrumen Pengumpulan Data PTK diatas hanya sebagai contoh dalam melakukan penelitian tindakan kelas, saudara bisa berkreasi sendiri sesuai dengan teori yang ada mengenai PTK itu sendiri, ditambah dengan pengalaman selama mengajar di kelas masing-masing.


sumber:http://www.inforppsilabus.com/2012/05/instrumen-pengumpulan-data-ptk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar